Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Saturday, November 3, 2012

belajar dasar blender bagian 6 : Mengenal lighting, camera dan rendering


Hallo semua apa kabar ??, kini ane mau buat lagi nih tutorial blender melanjutkan yang kemarin.....
Nah sekarang siapkan makanan ringan, minuman bersoda, dan duduk yang santai, soalnya ane mau cerita dulu sebentar tentang topik yang akan kita bahas (jiaa,,,hhaha lebay tingkat dewa)
Nah seperti layaknya membuat film asli, di dalam animasi 3d kita membutuhkan kamera, cahaya dan mempublikasikan kedalam fomat video atau gambar,,,butuh kamera disini, bukan kamera sesungguhnya, tapi kamera yang ada di pengaturan blender itu sendiri,, nah jika lighting
berfungsi memberi cahaya pada objek,,ohh jadi gue harus bilang jokowi jadi joko wow gitu??, emang dari dulu lighitng itu memberi cahaya gak perlu dijelasin kalee..(di injekin pengunjung),,aduh...tenang - tenang pemirsa,  kalo emang udah tahu mending kita langsung ke tutorialnya aja takut tambah bonyok nanti ane..di keroyok...
Ok buka software blendernya....
   1.       nah kita hapus objek dulu ya...dengan cara tekan A pada keyboard > tekan X > lalu OKatau tekan B pada keyboard   > seleksi semua objek menggunakan mouse (klik kiri tahan, kemudian seleksi semua objek) > tekan X > OK

   2.       nah sekarang kita buat cube di tengah stage, shift + A > pilih mesh > plih cube

   3.       nah pada tutorial ini kita menggunakan lighting dari panel  properties yaitu world, sekarang klik world


   4.       atur seperti pada gambar...(bisa utak atik angkanya sesuai selera nanti)

   5.       lightingnya udah jadi,, sekarang kita akan menambahkan camera, tapi pertama-tama kita split layarnya menjadi dua terdahulu, perhatikan gambar

   6.       shift + A pada layar sebelah kiri kemudia pilih camera

   7.       geser pointer mouse pada layar sebelah kanan kemudian tekan 0

   8.       nah layar kanan itu adalah sudut pandang kamera, ketika nanti kita akan merubah ke dalam gambar atau video, sudut pandang yang kanan (camera) yang akan muncul, bukan yang kiri.

   9.       tapi kenapa cube nya jadi hilang di layar kanan???, bukan hilang sob, tapi cube tidak terkena jangkauan kamera, agar bisa terlihat oleh kamera geser atau putar kamera di layar seleblah kiri

   10.   geser dan putar kamera hingga cube muncul pada sudut pandang kamera di kayar sebelah kanan.

   11.   Nah jika cube sudah tepat pada sudut pandang kamera, terakhir kita render...klik render pada panel, kemudian klik image







   12.   Tunggu hingga proses render selesai

   13.   Nah jika berhasil,selamat anda berhasil merender objek yang pertama.nah setelah puas ubah menjadi 3d view lagi, seperti ini

   14.   Buat sebuah alas dari dari plane ( shift + A > plane)  > scale plane jadi seakan-akan itu menjadi lantainya.

   15.   Kemudian render lagi dengan sudut pandang kamera yang berbeda.



   16.   Dengan menambahkan alas pada objek tsb, maka akan menghasilkan bayangan di sekitar cube.

   17.   Akhir kata, Latih lah kamera dengan sudut pandang yang berbeda-beda, dan atur-atur lagi lighting hingga menjadi maksimal....

   18.   Selamat berekslorasi  sobat !!

4 comments:

thanks banget gan tun tutorx. sangat bermanfaat baggi saya xg pemula.

thanks bro buat tutorialnya, gue juga pemula

hmm terlalu putih, tp thnx, bisa dioprek lagi

makasih gan tutinya..ane pemula ni

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More