Hallo semua apa kabar ??, kini ane mau buat lagi nih
tutorial blender melanjutkan yang kemarin.....
Nah sekarang siapkan makanan ringan, minuman bersoda, dan
duduk yang santai, soalnya ane mau cerita dulu sebentar tentang topik yang akan
kita bahas (jiaa,,,hhaha lebay tingkat dewa)
Nah seperti layaknya membuat film asli, di dalam animasi 3d
kita membutuhkan kamera, cahaya dan mempublikasikan kedalam fomat video atau
gambar,,,butuh kamera disini, bukan kamera sesungguhnya, tapi kamera yang ada
di pengaturan blender itu sendiri,, nah jika lighting
berfungsi memberi cahaya
pada objek,,ohh jadi gue harus bilang jokowi jadi joko wow gitu??, emang dari
dulu lighitng itu memberi cahaya gak perlu dijelasin kalee..(di injekin
pengunjung),,aduh...tenang - tenang pemirsa,
kalo emang udah tahu mending kita langsung ke tutorialnya aja takut
tambah bonyok nanti ane..di keroyok...
Ok buka software blendernya....
1.
nah kita hapus objek dulu ya...dengan cara tekan
A pada keyboard > tekan X > lalu OKatau tekan B pada keyboard > seleksi semua objek menggunakan mouse
(klik kiri tahan, kemudian seleksi semua objek) > tekan X > OK
2.
nah sekarang kita buat cube di tengah stage, shift + A > pilih mesh > plih cube
3.
nah pada tutorial ini kita menggunakan lighting
dari panel properties yaitu world, sekarang klik world
4.
atur seperti pada gambar...(bisa utak atik
angkanya sesuai selera nanti)
5.
lightingnya udah jadi,, sekarang kita akan
menambahkan camera, tapi pertama-tama kita split layarnya menjadi dua
terdahulu, perhatikan gambar
6.
shift + A
pada layar sebelah kiri kemudia pilih camera
7.
geser pointer mouse pada layar sebelah kanan
kemudian tekan 0
8.
nah layar kanan itu adalah sudut pandang kamera,
ketika nanti kita akan merubah ke dalam gambar atau video, sudut pandang yang
kanan (camera) yang akan muncul, bukan yang kiri.
9.
tapi kenapa cube nya jadi hilang di layar
kanan???, bukan hilang sob, tapi cube tidak terkena jangkauan kamera, agar bisa
terlihat oleh kamera geser atau putar kamera di layar seleblah kiri
10.
geser dan putar kamera hingga cube muncul pada
sudut pandang kamera di kayar sebelah kanan.
11.
Nah jika cube sudah tepat pada sudut pandang
kamera, terakhir kita render...klik render
pada panel, kemudian klik image
12.
Tunggu hingga proses render selesai
13.
Nah jika berhasil,selamat anda berhasil merender objek yang pertama.nah setelah puas ubah menjadi 3d view lagi,
seperti ini
14.
Buat sebuah alas dari dari plane ( shift + A
> plane) > scale plane jadi
seakan-akan itu menjadi lantainya.
15.
Kemudian render lagi dengan sudut pandang kamera
yang berbeda.
16.
Dengan menambahkan alas pada objek tsb, maka
akan menghasilkan bayangan di sekitar cube.
17.
Akhir kata, Latih lah kamera dengan sudut
pandang yang berbeda-beda, dan atur-atur lagi lighting hingga menjadi
maksimal....
18.
Selamat berekslorasi sobat !!
4 comments:
thanks banget gan tun tutorx. sangat bermanfaat baggi saya xg pemula.
thanks bro buat tutorialnya, gue juga pemula
hmm terlalu putih, tp thnx, bisa dioprek lagi
makasih gan tutinya..ane pemula ni
Post a Comment