huff lanjutan kedua akhirnya udah kelar juga, maafnya lama maklum di kampus tugas numpuk belum pekerjaan ane yang nyita waktu banget.!! tapi untunglah ane masih punya waktu buat nyapa sahabat all-in1 dengan "tutorial modelling alien sederhana". nah tools dasar modelling ini udah ane kasih di part sebelumnya, tapi jika belum pada tahu, nih kesini
belajar dasar blender bagian 7 (mengenal extrude, loop cut dan subsurf)
oke kita mulai tutorialnya,
Part 1
masuk ke edit mode, ubah sudut pandang menjadi tampilan "depan". kemudian gunakan loop cut secara horizontal seperti pada gambar
Part 2
Tekan Z agar cube menjadi transparant, kemudian seleksi setengah cube dan kemudian hapus dengan cara tekan Del dan pilih cube
agar cube menjadi tidak transparant lagi tekan Z, dan terlihat sekarang cube-nya tinggal setengah
Part 3
setelah itu pilih object modifier > add modifier > mirror
part 4
Cringg !!, maka cube akan menjadi utuh lagi !!, nah loh apa bedanya, beda lah sob coba seleksi ntah vertex, edge atau face pada bagian kanan, kemudian geser. maka otomatis bagian sebelah kiri ngikutin seperti apa pada bagian kanan, gimana keren ????, ah biasaa aja kok
part 5
sekarang buat loop cut secara vertikal, kemudian geser keatas sedikit seperti pada gambar
Part 6
buat 2 loop cut lagi di sisi kirinya. caranya gak usah 2x tekan Ctrl + R, cukup sekali Crtl + R kemudian putar scroll pada mouse keatas hingga menjadi 2 ( ket : atas untuk menambah loop cut bawah sebaliknya)
Part 7
seleksi bagian kiri atas (kalo bingung lyat gambar), kemudian Extrude dan geser ke sumbu x seperti pada gambar..
Part 8
Extrude lagi bagian tersebut, kemudian scale sedikit untuk membuat tangannya. jika sudah pas, extrude lagi dan tarik pada sumbu x
nih seperti ini hasilnya.
Part 9
buat loop cut lagi secara horinzontal
geser sedikit ke tengah seperti pada gambar.
Part 10
seleksi bagian tengah di atas cube ( bingung, lyat gambar) kemudian extrude dan tarik ke sumbu z
Part 11
Extrude lagi dan scale hingga seperti ukuran kepala, kemudan extrude dan tarik ke sumbu z lagi dan ini hasilnya
Part 12
Sekarang kita lanjut ke bagian kakinya, seleksi seperti pada gambar berikut
sekarang extude dan tarik kebawah dengan sumbu z
extude lagi untuk membuat telapak kakinya nanti
kemudian seleksi bagian depan yang akan dibuat menjadi telapak kaki
extrude bagian tersebut
Part 13
agar hasilnya sedikit lebih mulus, Ubah dulu objek menjadi object mode, pastikan objek masih terseleksi dan kemudian pilih object modifier > add modifier > subdivision surface dan atur seperti pada gambar
Part 14
kemudian klik smooth pada sebelah kiri stage, hasilnya kurang lebih seperti ini
final result
dan jika agan berusaha sedikit lebih keras lagi hasilnya bisa seperti ini
oke, sekian dulu tutorial membuat modelling alien sederhana,
tutorial selanjutnya kita akan memberikannya tulang/bone !, have fun !! :)
file blend modelling alien bisa agan-agan download disini...
6 comments:
wahh makasih banyak...min berguna bgt buat saya
keren !!
terima kasih atas kunjungannya semua..
mantap...
tutornya mudah dimengerti sperti saya yg baru belajar. trima kasih kang atas tutornya n ditunggu tutor selanjutnya.
terima kasih telah berkunjung diblog sederhana ini
Post a Comment